Minggu, 20 Maret 2016

pengalaman ekstrakurikuler



EKSKUL 
SMP LABSCHOOL JAKARTA

Ekskul adalah salah satu kegiatan yang menurut saya harus ada disetiap sekolah. Mengapa?karena ekskul bisa mengasah bakat dan kreativitas siswa, siswa yang di sekolah sudah pusing pada pelajaran yang mengembangkan pengetahuan mereka. Siswa sangat perlu ekskul untuk berbagai kepentingan. Macam - macam ekskul yang terdapat di SMP LABSCHOOL JAKARTA sangat banyak, seperti menari, saman, bulu tangkis, english club, photography, paskibra, basket, bahasa jepang, bahasa prancis, panahan, dan masih banyak lagi. Sebelum saya menceritakan pengalaman saya tentang ekskul di SMP LABSCHOOL JAKARTA. Mari kita bahas tentang manfaat ekskul. Manfaat ekskul sangat banyak, seperti pertama  mengembangkan bakat dan kreativitas siswa, siswa yang (mungkin) kurang di masalah pengetahuan di ekskul dia bisa menyalurkan kemampuannya yang bisa jadi lebih menonjol pada bidang kekreativitas. Yang kedua akan membentuk jati diri seorang siswa dan dia akan menemukan jati diri dia yang sebenarnya, siswa jadi bisa menemukan kepribadian dia, dia menguasai bidang apa, dan kekurangannya dibidang apa itu semua bisa kita dapatkan dengan tambahan kegiatan ekstrakurikuler ditambah belajar formal. Yang terakhir yang akan kita bahas adalah membuat seorang siswa berprestasi, siswa yang menguasai suatu ekskul yang sebenarnya merupakan hobinya bisa menorehkan prestasi diluar, yang biasanya dengan ilmu pengetahuan seorang siswa memiliki kekurangan sehingga ia tidak bisa menorehkan prestasi, dengan ekskul ia dengan sungguh - sungguh mengikuti pendalam tentang ekskul yang dia pilih, dia berlomba dan akhirnya siswa tersebut bisa menorehkan prestasi dibidang kesukaannya itu.

Di SMP LABSCHOOL JAKARTA  disetiap pergantian semester, kita boleh mengganti ekskul kita. Pada semester 1 saya megikuti ekskul fotography dan english club. Dengan ekskul english club bisa memperdalam grammar kita, bagaimana cara pengucapan bahasa inggris yang benar, dll. Di ekskul english club metode pembelajaran banyak dengan permainan. Jika nilai kita bagus di ekskul ini, bisa menambah nilai mata pelajaran bahasa inggris kita dikelas. Banyak keuntungan dan manfaatnya. Tetapi, pada semester 2 ini saya memutuskan untuk berhenti mengikuti ekskul english club karena alasan yang tidak bisa saya katakan diblog ini.
sumber : www.wijayalabs.com

Nah, ekskul yang saya geluti sampai semester 2 ini dan saya masih senang mengikutinya adalah ekskul photography. Jujur, dibidang photography ini saya masih baru, hanya dengan bermodalkan kamera tanpa ilmu tentang kamera dslr saya mengikuti kegiatan ini. Saya benar - benar memulainya dari 0. Dan sampai sekarang saya terus mempelajari pengetahuan tentang photography dan kamera, walaupun sudah beberapa teknik dasar saya ketahui. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari selasa dimulai setelah pulang sekolah. Kepulangan siswa ditentukan oleh siswa sendiri, maksudnya setiap hari pasti kita hunting di lingkungan sekolah untuk mengambil foto - foto yang sesuai dengan tema yang ditentukan. Tetapi, jika kalian ada les atau kepentingan lainnya yang mengharuskan pulang lebih dahulu dibanding yang lain, hunting tersebut bisa dilakukan dirumah dan jadi PR. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti photography ini hanya Rp.400.000,00 per 6 bulan. Sangat terjangkau ditambah kita dibimbing oleh guru yang sudah ahlinya dalam photography. Selain itu, juga kadang diadakan hunting ke suatu tempat dan kita berjanjian bersama - sama ditempat tersebut. Ada juga lomba - lomba yang ditawarkan oleh gurunya agar kita bisa membuat prestasi dengan kegiatan photography ini di luar lingkungan sekolah. Sangat seru!di ekskul ini saya bertemu dengan teman teman satu angkatan yang sebelumnya kita belum mengenalnya dan jadi mengenal satu sama lain. Ini salah satu dari manfaat ekskul. 

Saya rasa cukup saya menceritakan sedikit pengalaman saya tentang ekskul di SMP LABSCHOOL JAKARTA semoga artikel ini bisa bermanfaat. Ekstrakurikuler sangat bermanfaat jadi untuk para siswa di sekolah manapun harus mengikuti ekstrakurikuler dan jangan ragu - ragu mengikuti ekskul yang kalian suka, jangan mengikuti teman, cari jati diri kalian sendiri melalui ekskul!

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar