Senin, 07 Maret 2016

PELANTIKAN PRAMUKA LABS 2K16


 
 



                   PELANTIKAN PRAMUKA
                             SMP LABSCHOOL JAKARTA


sumber : www.izzafuadi.wordpress.com
Pelantikan pramuka adalah kegiatan dengan melakukan upacara sebagai tanda dilantik/diresmikannya seseorang menjadi anggota tetap di dalam organisasi pramuka. Pelantikan pramuka pada tahun 2016 berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, alias pada tahun ini angkatan 24 saat pelantikan pramuka lagi dan lagi mengubah tradisi. Pada tahun sebelumnya, pelantikan digabung dengan acara saksi baik itu dalam acara saksi utama/saat acara pra – saksi. Pelantikan pramuka diadakan pada hari Sabtu, 27 – Februari – 2016. Tempat dilaksanakannnya di Studio Alam TVRI, tepatnya di Jl. Raden Saleh Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Cukup banyak persiapan yang harus dilakukan, seperti membawa tongkat yang sudah dicat warna kuning – merah – kuning, baju pramuka yang sudah harus dilengkapi dengan atribut – atribut pramuka, membawa semaphore, tali pramuka, tali koor beserta pluit dan kita diharuskan memakai sepatu berwarna hitam lengkap dengan kaos kaki yang berwarna sama, yaitu warna hitam. Pengalaman serta kesan – pesan saya selama pelantikan pramuka akan saya tuangkan dan ekspresikan pada tulisan ini. Silakan membaca pengalaman saya yang tidak terlupakan.

Pada hari Sabtu 27 – Februari – 2016 kami, angkatan 24 harus sudah ada di sekolah SMP Labschool Jakarta pukul 06.30 WIB. Sebelum berangkat di sekolah diadakan apel pagi/apel sebelum pemberangkatan. Apel dilaksanakan di halma (halaman depan masjid SMP Labschool Jakarta). Apel dibuka dengan sambutan dari Bapak Ali Chudori. Sampai sekotar pukul 07.00 WIB kami dibubarkan dan menuju ke tronton masing – masing. Saya berada di tronton 4. Keadaan tronton pelantikan dengan tronton saksi agak memiliki perbedaan. Tronton pelantikan kali ini lebih besar dan menampung lebih banyak orang tetapi, kita harus agak bersempitan karena 1 tronton bisa diisi oleh 4 – 5 regu. 1 regu kemungkinan berisi 8 orang. Namun, keadaan yang sempit dapat hilang dengan candaan yang dilontarkan teman – teman 1 tronton.

Akhirnya, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Kami sampai di Studio Alam TVRI. Keadaan yang bisa dilihat langsung saat turun dari tronton adalah ada kerbau, kambing, dan kuda. Ada juga crew yang sedang syuting, karena tempat ini tempat salah satu stasiun televisi. Kami langsung dikumpulkan di sebuah lapangan yang sudah ada bendera merah putih, bendera pramuka. Dan juga tersedia sebuah tenda untuk menaruh tas dan perlengkapan lainnya. Saat sampai, kami diperbolehkan duduk dan memakan snack. Setelah beberapa lama, ketua dari setiap regu menghadap ke pembina dan diberikan secarik kertas. Ketua balik ke regu masing – masing dan menyampaikan bahwa kita disuruh untuk menjawab soal tentang pramuka dikertas tersebut. Kita harus mengerjakan dan menyelesaikannya agar bisa lanjut untuk menjelajah ke pos – pos yang disediakan.

Penjelajahan dimulai dengan jalan sesuai regu dan bersama regunya masing – masing. Akhirnya berhenti di pos 1. Ada beberapa kakak kelas 8 yang ada dan ada 1 pembina. Di pos 1 kegiatannya 1 regu ditanya mengenai dasa dharma dan trisatya serta cara pengamalannya dalam kehidupan sehari – hari. Setelah sudah selesai ditanya dengan lancar kami lanjut ke pos 2. Perjalanan menuju pos 2 tidak terlalu panjang, tetapi banyak lumpur/tanah yang bisa menempel disepatu kita. Pos 2 kita sudah ditunggu oleh pembina. Rintangan yang harus dilakukan adalah semaphore. Kegiatan pertama kita melakukan semaphore dari a – z. Setelah itu, kita setiap regu menebak kata yang dibuat oleh kakak pembina agar bisa ke pos berikutnya.

sumber : wijayalabs.com
Pos berikutnya adalah Pos 3. Di pos 3 kita membuat tandu untuk mengangkat orang yang sakit. Pemandangan yang dapat dilihat saat membuat tandu adalah adanya danau di pinggir dekat dengan tempat pembuatan. Saat membuat tandu, pada ujung tongkat dibuat simpul pangkal dan ke bawahnya menggunakan simpul jangkar. Setelah selesai dengan tali temali, lanjut ke pos berikutnya, pos 4. Antara pos 3 dan 4 saling berhubungan. Di pos 4 kami disuruh membawa orang yang diperankan oleh salah satu teman dari regu kita. Rintangan yang dilalui antara lain melewati tali dengan membawa korban. Membutuhkan tenaga yang banyak karena rintangan yang dihadapi cukup menyulitkan.


Setelah selesai, lanjut ke pos 5 atau pos terakhir. Di pos ini kita diminta untuk mengikuti atau melaksanakan peraturan baris berbaris (PBB) yang dipimpin langsung oleh pembina. Setelah selesai, kita disuruh mengerjakan soal tentang kode – kode pada pramuka. Jika sudah selesai, kami diperbolehkan istirahat dan makan siang. Makan siang dibawa oleh kami sendiri – sendiri. Makan siang dilakukan dengan menggelar tikar yang dibawa masing – masing regu. Saat makan siang, terasa rasa kekeluargaan karena makan bersama teman. Saat waktu ini, juga dilaksanakan shalat dzuhur. Sampai sekitar pukul 14.00 WIB kami selesai istirahat dan berlanjut ke acara berikutnya.

Acara berikutnya, upacara pelantikan. Sebelum melakukan upacara yang sebenarnya, dilakukan gladi resik agar saat upacara berjalan dengan lancar. Setelah gladi resik, upacara dimulai. Pembina upacara adalah Bapak Ali Chudori. Di upacara ini kami dipasangkan nomor gudep. Gudepnya yaitu 03 – 3359 untuk siswa putri dan 03 – 3360 untuk siswa putra. Saat itu kami sudah ditetapkan menjadi anggota pasuka pramuka SMP Labschool Jakarta. Setelah upacara selesai, kami langsung ke tronton masing – masing untuk melakukan perjalanan pulang. Perjalanan pulang tidak seramai saat pemberangkatan, ada beberapa siswa yang tidur karena kecapean dengan kegiatan. Tetapi, ada juga siswa yang meramaikan tronton saat perjalanan pulang. Sampai di SMP Labchool Jakarta dengan selamat, dan langsung disambut dengan orangtua masing – masing yang menjemput kami.
Pelantikan pramuka di SMP Labschool Jakarta kali ini, mungkin saja menjadi pengalaman pertama pelantikan bagi sebagian besar siswa – siswi angkatan 24. Pelantikan yang dilaksanakan sangat memberi kesan tersendiri. Kita bisa mempererat hubungan dengan teman di luar kelas, meningkatkan kekompakan sesama angkatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar